Pages

Saturday, December 8, 2018

Dorong UMKM, Sukabumi Gelar Festival Kuliner dan Fesyen

Sukabumi memiliki potensi UMKM yang besar dan masih bisa dikembangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu caranya dengan menggelar festival yang mengambil tema Sukabumi Fashion and Culinary Nite Festival. Kegiatan tersebut mulai dibuka sejak Jumat (7/12) malam di Komplek GOR Cisaat, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Rencananya festival ini akan digelar hingga Ahad (9/12).

"Festival ini mengusung produk makanan dan fesyen serta baru pertama kali digelar di Kabupaten Sukabumi,’’ ujar Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar kepada wartawan. Dalam pembukaan acara Jumat malam diwarnai dengan pertunjukkan seni tradisional dan fashion show produk batik khas Sukabumi.
Penyelenggaraan festival tersebut kata Asep, merupakan momen bersejarah. Sebabnya hal ini merupakann adalah satu upaya awal untuk menggaungkan produk UMKM asal Sukabumi.
Asep menerangkan, rencanaya festival ini akan diagendakan setiap tahun. Festival ini dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dan melibatkan sebayak 20 pelaku UMKM baik makanan dan fesyen.
Menurut Asep, dalam kegiatan ini pemerintah membantu pemasaran berbagai macam produk batik khas Sukabumi. Misalnya batik Penyu, ikan Koi, Naga Loji, Pancasona, Teluh Jampang, dan sejumlah corak batik khas lainnya. Selain itu dalam festival ini ditampilkan pertunjukan kesenian untuk menarik pengunjung.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, festival ini digelar untuk mendukung perkembangan UMKM di Sukabumi. "Kami juga mendorong partisipasi dari perusahaan-perusahaan besar agar mau membantu pengembangan UMKM,’’ imbuh dia.

Kabupaten Sukabumi lanjut Marwan memiliki potensi UMKM yang cukup besar dan masih bisa dikembangkan. Terlebih potensi ini tersebar di 47 kecamatan baik utara maupun selatan Sukabumi.
Ke depannya ungkap Marwa, kegiatan ini tidak lagi dibiayai APBD melainkan dari mitra pemerintah atau CSR perusahaan. Harapannya pelaksanaan acara ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2G3ZOyc
December 08, 2018 at 05:06PM from Republika Online RSS Feed https://ift.tt/2G3ZOyc
via IFTTT

No comments:

Post a Comment